Tips Membuat Target

08.23 muthihaura 7 Comments



Haaaai, Assalamua’laikum. Gimana kabarnya? Besok pagi fristtime disemester 5. Nggak nyangka udah semester lima aja. Nggak nyangka udah berjalan di bangku kuliah sejauh ini, toga itu didepan mata! Berharap banget bisa lulus dengan prediket camlaude Ya Allah ;’) Dan berharap juga semoga sebelum wisuda, sudah banyak impian yang aku raih, baik dalam bidang bisnis-karya-dan lainnya deh! Wish me luck!

Hari ini Gagasan ngumpul, katanya rapat gitu, tapi aku nggak datang ;( Padahal pagi-pagi tadi udah niat buat datang. Bukannya disengajain buat gak datang, tapi dirumah lagi KRISIS air. Iya serius! Dirumah aku lagi kekeringan. Nggak ada air sama sekali -_- Nggak bisa nyuci baju, nggak bisa masak, nggak bisa nyuci piring, dan yang pasti nggak BISA MANDI! Nggak mungkin kan aku ke Gagasan nggak mandi? Ternyata jika sedikit saja kenikmatan yang Allah berikan dicabut, susah banget hidup ini. ;( Ini baru air yang Allah ‘ambil’ sementara, kalau yang Allah ambil udara? Waah, habis dah kita! Ya Allah, mudah-mudahan hujan lebatlah malam ini. Amin! Kalau nggak, gimana aku mandi kekampus besok?

Sejak SD, aku memang sudah terbiasa membuat target atau sesuatu hal yang aku inginkan untuk dicapai. Begitupun adik-adikku, aku mengajarkan mereka untuk membuat apa saja yang ingin mereka capai. Menurut aku, hidup itu bukan let it flow. Hidup itu bukan hanya tentang aku suka dia-dia suka aku. Hidup itu bukan hanya sebatas tentang cinta semu, bukan hanya sebatas tentang bangun-makan-main-tidur-mati. Kalau gitu doang mah, sama aja dengan hewan (maaf) ya? Kehidupan yang tidak dirancang akan membuatmu terlena. Kehidupan yang tidak dirancang akan membuatmu menjadi orang yang ‘biasa-biasa’ saja. Kehidupan yang tidak dirancang akan membuatmu tidak memiliki karya sama sekali.

Ingat nggak sih saat dulu hanya ada satu sel sperma yang mampu membuahi ovum dari banyaknya sel sperma, itulah diri kita saat ini! Luar biasa bukan? Dari banyaknya sel sperma, hanya diri ini yang jadi pemenang. Berarti memang kita diciptakan dimuka bumi ini sebagai seorang juara. Lupakah dengan salah satu ayat Allah yang menyatakan bahwa manusia itu diciptakan sebagai khalifah dimuka bumi ini? Ya, aku-kamu-kita adalah seorang khalifah. Adalah seorang pemimpin. Pemimpin diri sendiri, pemimpin didalam keluarga, pemimpin didalam kehidupan masyarakat, dan pemimpin-pemimpin lainnya.

Aku-kamu-kita adalah sosok yang hebat yang telah Allah ciptakan. Kita hebat! Kita sang juara! Aku nggak hebat, Mut! Aku selalu kena marah guru dan selalu masuk 10 besar dari bawah. Hellow, emangnya indikator kehebatan seseorang itu hanya diukur lewat nilainya disekolah? Hanya diukur lewat IP-nya? Enggak! Nilai itu hanya seonggok angka diselembar kertas. Kalaupun kamu mau terjun kedunia kerja, pihak perusahaan nggak Cuma liat NILAI kamu! Kamu ngomong gitu karna nilaimu rendah kan, Mut? Haha nggak juga, IP-ku 4 semester selalu camlaude ya ^^ Bukan nyombong :p

Percaya deh, mungkin kamu nggak hebat dimata pelajaran, tapi ada kelebihan lain yang akan menghebatkanmu. Akupun sebenarnya bukan type orang yang hebat dimata pelajaran, hanya saja aku membuat target kapan aku harus belajar-kapan aku harus nulis-kapan aku harus ngerjain tugas, yah intinya time management itu penting. Membuat target itu penting! Aku nggak mau terikat, Mut! Aku pengen hidup itu ngalir kaya air aja! Yakin mau hidup ngalir aja? Kalau ngalirnya kesungai mah nggak papa, kalau ngalirnya ke comberan gimana? Atau keparit? Nah, kali ini, aku pengen sharing seputar tips membuat target. Tips ini berdasarkan pengalaman pribadi aku. Bisa ditiru atau kalau mau buat yang lebih kreatif malah bagus ;))




Pertama, tentukan target-target apa yang ingin kamu capai didalam hidupmu. Tulis semua target-target itu diatas selembar kertas, lalu tempelkan! Pernah nonton videonya Danang Ambar Prabowo nggak? Kalau belum, cari di youtube gih. Recommended deh pokoknya. Di video itu, seorang dosennya pernah berkata bahwa ia harus menuliskan semua mimpi-mimpinya diatas selembar kertas, lalu tempelkan kertas itu! Hingga pada akhirnya nanti, hanya coretan-coretan tulisan telah tercapai yang akan kamu temukan.

Aku juga nulisin semua target-targetku diatas selembar kertas, lalu kemudian aku menempelkan target-target itu. Kadang saat ada teman yang mampir kekamar, aku malu juga kalau mereka membacanya^^ Saat aku down dan malas-malasan dikamar, aku langsung ngelirik tempelan kertas target itu, langsung rasanya charge semangat itu kepompa lagi. Buat kamu, mulai deh tulisin target-target kamu, mulai dari hal-hal sederhana yang ingin kamu capai juga nggak papa.


Setelah menempelkan target-target, cara kedua yang aku lakukan adalah menuliskan target-target itu secara spesifik, mulai dari kapan aku harus mencapainya-apa yang harus aku lakukan untuk mencapainya-dan lain sebagainya. Tulisakan target itu secara spesifik dibuku agenda kecil agar kamu bisa membawanya kemana-mana. Ini yang sering aku lakukan. Kadang kalau lagi ada ide yang berkeliaran atau ada tugas, aku catat langsung diagenda itu. Agenda kecil inipun berisi kata-kata motivasi yang aku suka, jadi kalau lagi nggak ada semangat ngelakuin sesuatu, aku baca deh kata-kata motivasi dibuku agenda.

Ketiga nih, tuliskan hal-hal apa saja yang ingin kamu lakukan untuk keesokan harimu. Misalnya, kamu berencana besok pagi akan menyelesaikan tugas A, kamu tulis deh. Malamnya kamu evaluasi, kalau apa yang kamu rencakan berhasil kamu lakukan dihari itu, maka tinggal kamu kasih cheklist. Dalam setiap hariku, aku selalu bikin perencanaan gini, jadi aku tau apa yang harus aku lakukan. Jadi aku tau apa yang aku selesaikan secepat mungkin. Usahakan perencanaan harianmu ini adalah salah satu langkah untuk proses menggapai impianmu.

Cara ini diajarin sama mybest aku si Mumun. Dia pernah ngeliatin ‘list’ yang harus dia lakukan perhari dalam bentuk tabel, tapi aku nggak membuat sama persis seperti dirinya, aku buat sesuai selera aku sendiri. Makasi bebmun untuk ilmu bermanfaatnya :* {}. Nah, tips terakhir nih alias tips keempat itu adalah ACTION! Mulai bertindak! Percuma kamu buat bertumpuk-tumpuk target tapi kamu nggak ada tindakan untuk mewujudkan target tersebut. Itu mah sama aja bohong! Termasuk kamu juga, Mut!

Percuma target-target itu kamu tuliskan tetapi sama sekali nggak ada action untuk menggapai target tersebut! Hidup ini sekali guys! Masa muda itu Cuma sekali, kalau bukan sekarang, kapan lagi? Kalau nggak sekarang, mau nunggu berapa lama lagi? Dulu pas masih zamannya SD, aku suka banget nulis target apa yang aku capai, tapi jarang sekali aku bertindak untuk menggapai target tersebut. Waktu itu aku selalu bilang kediri sendiri, ‘nanti aja deh pas udah naik kelas 5’, ‘Besok aja deh ngerjainnya, kan masih ada waktu’, ‘Entaran aja deh’, bla bla bla dan kata sejenis lainnya -__-

Dan sekarang aku jujur rada menyesal kenapa dulu harus nunda-nunda. Kenapa dulu nggak mulai action, trus jadinya mikir gini : ‘Kenapa nggak dari dulu aku ngelakuin itu?’, ‘Kenapa nggak dari dulu aku serius?’, ‘kenapa nggak dari dulu? Kalau dari dulu kan, mungkin sekarang aku bisa dapat lebih dari ini’ dan berbagai pernyataan senada berbentuk penyesalan lainnya. Ah, menyesal memang nggak ada gunanya. Nasi udah jadi bubur, tinggal bagaimana caranya membuat bubur itu tetap enak dinikmati, right?

Itu dia empat tips membuat target ala aku. Nggak sempurna sih memang, nah tugas kalian untuk menyempurnakannya dengan cara masing-masing ;) Aku juga udah buat target untuk semester lima nanti. Semoga aku bisa berkomitmen didalam proses mewujudkan target-target ini! Berharap banget bisa nge-push diri lebih maksimal untuk semua target ini. Nggak mudah sih, tapi bukan berarti nggak bisa kan?

Untuk target semester lima aku, BANYAK BANGET yang pengen dicapai! Banyak yang pengen aku raih dan aku dapatkan sebelum masuk semester enam. Pada kepo nggak dengan target-target aku? Rahasia dong! :p Yang Insha Allah sesuatu hal yang luar biasa. Amin! Apalagi sekarang kan aku udah punya fasilitas motor, harus bisa lebih dari semester-semester lalu!

Memang sih nggak semua apa yang aku targetkan tercapai, tapi setidaknya hidup aku jadi  lebih teratur dan pastinya target itu melesetnya tidak akan jauh kok ;)) ‘Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh diantara bintang-bintang’-Ir.Soekarno.

Selamat bermimpi! Selamat membuat dan mencapai target-targetmu! Semoga entry ini dapat bermanfaat ya dan bisa jadi ladang pahala buat aku ;’) Yang menulispun tak lebih baik dari yang membaca, karna sebenarnya seorang penulis itu tengah menasehati dirinya sendiri lewat tulisannya ;)) Oh ya, makasi banget buat sahabat #AlwaysLoveYou yang sampai malam ini masih ada yang nginbox dan mention ditwitter. Trimakasih banget untuk semua dukungan dan pujiannya ya ;)) Trimakasih! See you at the top! Salam sayang, @muthiiihauraa
Minggu, 6 September 2015. 20.56 WIB.

Baca Artikel Populer Lainnya

7 komentar:

  1. Wah... keren nih artikelnya... sangat inspiratif, abis itu dikasih tau tips2 dalam menjalani hidup ini. Jadi kalo kita punya tujuan mesti ditulis ya? wajib dicoba nih. Oh iya, kalo tentang target2 gitu, emang aku juga kadang2 suka nulis juga... soalnya takut lupa (hehe...) pokoknya artikelnya keren... super sekali... :)

    BalasHapus
  2. Sulit air, sama nih di tempatku yang lagi sulit sama air. susah ya.

    target, aku selalu punya target buat menyelesaikan ceritaku. Tapi mungkin target. nggak terlalu spesifik. dan masih kurang action
    ah, ini kapan bisa trcapai selesainya project ceritaku

    BalasHapus
  3. Target? hehe bener emang harus ditulis agar kita selalu ingat untuk fokus dengan target.

    Selama ini target ku tulis di buku note. Pengen rasanya bikin di kertas trus tempel di dinding.
    Tapi, kalau masih di rumah masih malu dengan orang rumah. Kelak kalau nanti sudah punya kamar sendiri saja, hehe misal nge-kost, kontrak, ato beli rumah. Yang penting si emang harus action :D

    BalasHapus
  4. Terima kasih tipsnya, sangat bermanfaat. Saya sudah melakukannya, yaitu menulis target-target, impian-impian ke depannya, pada selembar kertas. Yang jadi masalah adalah bagaimana melakukan action tadi. Karena untuk mencapai impian atau target yang kita tulis tadi, dibutuhkan usaha dan tindakan untuk mencapainya. Semoga bisa wisuda dengan mendapat predikat cumlaude :)

    BalasHapus
  5. mengejar target, mengejar impian, meraih mimpi

    BalasHapus
  6. Target hidup itu harus ada. Aku sudah bosan jadi orang yang hidupnya ngikutin arus kayak air. Tapi aku pengen buat target-target dan action untuk mencapai target-target tersebut. Kalo aku buatnya sesuai kesulitannya. Jadi kalo mudah harus tercapai satu tahun, kalo lumayan susah harus tercapai antara dua sampe tiga tahun. kalo sulit banget harus tercapai empat sampe lima tahun.

    BalasHapus
  7. catet! karena kadang target itu bisa bikin semangat untuk terus berusaha dan berkembang :)

    BalasHapus