Alasan dan tips ngeblog!

10.18 muthihaura 18 Comments



Hay, Assalamua’laikum. Lagi apa nih? Mudah-mudahan selalu ngisi waktunya untuk hal-hal yang bermanfaat ya! Udah masuk minggu-minggu UAS nih dan aku baru aja ngerangkum materi-materi perkuliahan untuk UAS. Nggak kerasa semester empat udah mau berlalu aja. Nggak kerasa sebentar lagi udah masuk tahun ketiga kuliah. Nggak kerasa bentar lagi puasa. Huhu. Nggak kerasa sekarang udah umur dua puluh. Hfft, bukan anak kecil lagi dong yah? Senang masih diberi kesempatan ketemu orang-orang hebat seperti mereka-mereka dan berharap semoga aku bisa menjadi bagian orang hebat dari mereka.

Pengen curhat dikit nih, aku punya teman sekelas yang nggak bisa disebutkan namanya. Dia tu hobbynya ngomongin orang alias nyeritain orang ke aku. pokoknya semua dikomentarinnya. Iya semuanya dikomentarinnya, misalnya kaya : “Mut tengoklah dia punya hp baru, trus bbmnya alay kali. Nama bmnya aja alay, bergambar-gambar pula dinama bbmnya. Kerjanya bentar-bentar bikin status nggak penting”, “Mut tengoklah menggaya aja kerjanya”, “Mut, dia ikut-ikut rok aku”, “Mut bla bla bla.” Pokoknya ada aja yang dikomentarinnya -___- Pengen ngingetin sih, tapi nanti lain pula pandangan dia ke aku. Aku pun ngerasa, kalau dia nggak bareng aku pasti aku juga dibicarainnya. Bukannya bermaksud suuzon, orang-orang terdekat dia aja bisa dia omongkan keaku, apalagi aku yang bukan siapa-siapanya. Hftt entahlah.  Oke skip!

Ah, Nggak kerasa juga udah hampir dua tahunan ngeblog. Nggak kerasa Juli besok blog aku genap dua tahun. Aah serasa tumbuh bareng blog ini. Selama ngeblog, jujur saja banyak banget hal yang aku dapatkan. Dan pastinya banyak hal juga yang aku pelajari. Bahkan aku nggak menyangka udah melampau sejauh ini dan lagi berusaha untuk mewujudkan mimpi-mimpi selanjutnya. Mungkin di entry ini aku pengen nulis all about blog menurut pengalaman aku dan yang aku tau. Tentu saja dengan harapan kalian yang baca bisa terinsfirasi dan ikut-ikutan nulis diblog. :D

Dulu banget pas zaman-zamannya masih SMP, aku suka banget baca-baca kehidupan orang lewat blog mereka. Rasanya kaya benar-benar mengenal mereka lewat tulisan diblog mereka. sempat pengen juga buat, tapi sama sekali nggak ngerti. Iya memang, aku dulu gaptek. Sekarangpun masih -_-

Di SMA aku mulai coba buat blog, tapi berhubung dulu minim banget fasilitas ditambah tugas sekolah yang menumpuk, alhasil blognya nggak keurus. Awal kuliah aku bilang kediri sendiri kalau aku harus punya blog dan konsisten menuliskannya. Mungkin ada nih diantara kalian yang nanya, kenapa sih Mut harus ngeblog? Emangnya keuntungannya apa? Udah dapat apa aja dari blog?

Banyak! Banyak banget keuntungan dari ngeblog ini yang aku rasakan. Memang sih nggak melulu soal materi, tapi lebih kepada kepuasan batin. Serius. Aku ngerasa puas banget setelah curhat dan ngepostingnya diblog, walau mungkin nggak ada yang baca atau nggak ada yang ngomentari, tapi rasanya seluruh beban itu hilang. Rasanya menyenangkan! oke deh aku jabarkan beberapa alasan dan keuntungan yang aku rasakan dari ngeblog.

Pertama, blog menyimpan semua kisahku. Hidup itu hanya sekali. Setiap kejadian yang dialami setiap harinya nggak kan pernah keulang dua kali. Bahkan momen indahpun nggak datang tiap hari. Blog bagiku menyimpan semua kisahku. Membekukan setiap kenanganku. Aku pasti selalu cerita setiap apa yang aku rasa diblog ini. Setiap apa yang terjadi yang menurutku pantas untuk diabadikan. Memang sih kita bisa menyimpan dan membekukan kenangan lewat photo, tapi photo nggak akan mampu bercerita dikala kita ingin memutar ulang sebuah kejadian. Beda jika kita tuliskan pada blog. Jujur saja, diasaat aku lagi nggak mood atau down, aku suka membaca tulisan-tulisan lama diblog ini. Kemudian aku akan tertawa dan bilang kediri sendiri ‘wah aku dulu kaya gitu ya?’, ‘ah masa sih ini aku yang nulis? alay banget’, ‘oh ternyata aku pernah gitu’, dan komentar lainnya.

Kisah hidup tiap orang itu berbeda dan sayang sekali jika tidak dituliskan! Sepuluh atau lima belas tahun kedepan, kamu akan merindukan banyak momen dimasa mudamu, trus kemana lagi kamu akan mencari momen itu kalau tidak lewat blog? Oke lanjut yang kedua, blog membuatku berfikir tentang masa depan. Secara nggak langsung, blog membuatku berfikir tentang masa depan. Tentang akan dibawa kemana hidup yang tengah kujalani ini. Blog menyadarkanku bahwa ternyata waktu itu berjalan terlalu cepat, sehingga aku tak boleh menyia-nyiakan waktu. Jujur saja, sejak aku punya blog, aku jadi tau harus apa dan bagaimana. Sejak aku punya blog, pasti aku selalu berfikiran gini : ‘besok aku ikut lomba itu ah biar bisa cerita diblog’, ‘besok aku harus ngelakuin ini supaya bisa cerita diblog’, ‘kayanya masuk organisasi yang itu keren deh biar bisa cerita diblog’, ‘nanti aku harus jalan kesini biar bisa cerita diblog’, ‘semester besok ip aku harus segini biar bisa cerita diblog’, dan pikiran-pikiran lainnya yang intinya Cuma satu biar bisa cerita diblog.

See? Secara nggak langsung blog menuntunku melakukan hal positif untuk diceritakan bukan? Dan itu membentuk hidupku. Termasuk untuk nilai kuliah! It’s amazing! Bahkan jujur saja, aku bisa melampau batas sejauh ini dibanding masa-masa sekolah.

Yang ketiga, blog menyuruhku untuk terus belajar. Belajar disini tentu saja tidak hanya terpaku dibangku kuliah, walau kalau boleh jujur aku mulai mencintai ilmu-ilmu yang diajarkan dibangku kuliah. Entah kenapa rasanya saat belajar itu menyenangkan dan sepertinya aku haus akan ilmu. Blog memang menyuruhku untuk terus belajar. Belajar dari apa saja, baik itu teman, organisasi, keluarga, kehidupan, buku, dan pokoknya belajar dari mana saja deh. Seperti halnya kemaren, aku dan Ama menyelundup kesebuah seminar yang menurut kami keren. Seminar tentang reproduksi mahasiswa. Diseminar itu diajarkan bagaimana merawat reproduksi, bukankah itu keren? Tentu saja aku belajar banyak diseminar itu dan kemudian aku akan terfikir untuk menuliskannya diblog.

Akhir-akhir ini aku juga kepengen ngepost gambar aku diblog, padahal udah lama nggak ngambar. Makanya kemaren dihari sabtu ikut kelas gambar di Gagasan. Secara tidak langsung juga, blog memaksaku untuk tidak malas melakukan sesuatu. Rencananya habis UAS nanti aku bakal mulai ngambar lagi dan sekarang lagi pengen banget pandai buat doodle!! Kayanya harus maksa Nafi atau Hikmah atau Lelek buat ngajarin nih.

Selain itu, selama ngeblog ini, aku jadi tau seputar dunia internet. Aku jadi tau apa itu blogwalking, search engine, aku jadi tau istilah CEO, alexa, page arange, aku juga jadi tau cara ngedesign blog. Ah pokoknya banyak deh yang aku pelajari dari blog.

Keempat, blog mengenalkanku dengan orang-orang hebat. Sejak ngeblog, aku banyak kenal teman-teman baru dari berbagai daerah bahkan ada juga yang dari Malaysia. Mereka-mereka adalah orang yang luar biasa menurutku. Ada Asma Karimah yang aku panggil Mama (dia manggil aku Mumu), si Mama ini anak UGM jurusan Gizi. Ada Tutia Rahmi, kak Meykke si guru bahasa Inggrish, Dwi Sartikasari di UNPAD, bang Ojik, kak Elvina Yanti, kak Cica, Kak Fatin di Malaysia, Nurul Huda, kak Desy, kak Shofia Zhanzabila yang sering banget menangin lomba blog, kak Oka Nurlaila, bang Heru yang ternyata anak UIN SUSKA juga, Giska, dan lain-lainnya. Mereka hebat-hebat dan aku bangga bisa mengenal mereka.

Memang sih kami belum bertemu secara fisik, tapi ilmu-ilmu dari blog mereka sangat bermanfaat bagiku. Yang kelima, blog tempat kreatifitas yang multifungsi. Blog itu beda dengan media-media sosial lainnya. Di blog kamu bisa masuin hasil tulisan kamu, atau photo yang kamu jepret, atau editan kamu, atau gambar-gambar buatan kamu, bahkan videopun bisa dimasukin. Ini salah satu alasan kenapa aku pilih blog, multifungsi. Ibaratnya blog itu kaya arsip semua karya kita. keren bukan? Dimana lagi nemuin arsip yang bisa dikomentarin orang kalau bukan lewat blog? Sejauh ini gairah untuk mengembangkan kreatifitasku semakin memuncak, tujuannya salah satunya tentu saja ingin diposting atau diceritakan diblog. Bukankah itu suatu hal yang bermanfaat? Sejak ngeblog juga, tulisan-tulisanku semakin baik lho, beda banget dengan yang dulu.

Yang terakhir nih. Sebenarnya masih banyak, tapi untuk sekarang kayanya cukup enam dulu deh. Yang keenam, lewat blog bisa dapat hadiah lho. Saat ini banyak banget lomba-lomba blog dan giveaway dan hadiahnya pun kadang nggak nanggung-nanggung. Memang sih aku belum pernah dapat hadiah besar kaya kak Sofia Zhanzabila yang bisa ke Malaysia-Macau-Hongkong lewat blog, tapi aku tetap bersyukur kok. Aku tetap senang karna semuanya butuh proses bukan?  Sejauh ini aku udah dapetin hadiah pulsa dan baju kaus. Nggak seberapa sih baru, tapi tetap aja luar biasa menurutku. Baju kausnya aku kasih ke aba, trus aba bilang : “Besok umrah kasih ke aba lagi”. Amin, Insha Allah ba! Doain aja putrimu ini ;’)

Nah itu dia enam alasan ngeblog ala aku. bermanfaat bukan buat ngembangin diri? Internet itu dimanfaatkan dengan baik untuk upgrade diri, bukan untuk hal-hal negatif. :D Aku juga punya beberapa tips nih untuk blogger-blogger pemula yang baru menapaki dunia perbloggeran. Check this out :
1.      Nggak usah mikirin ada yang baca atau nggak.
Update aja terus blognya. Kalau yang kamu tampilkan itu berkualitas, cepat atau lambat pasti juga banyak yang baca. Kebiasaan blogger baru itu pasti pengen langsung banyak yang baca, trus kalau nggak sesuai yang diharapkan pasti kecewa dan males lagi untuk ngeblog. Kalau aku mah dulu nggak mikir harus ada yang baca atau nggak. Sumpah aku nggak ngerti apa-apa soal itu. Aku Cuma nulis, nulis, nulis.
2.      Temukan alasan kamu ngeblog.
Cari alasan kamu ngeblog itu apa dan jangan ngeblog Cuma ngikut-ngikut orang lain. Kalau ngeblog Cuma ikut-ikut, pastilah cepat juga semangatnya menurun. Menjadi seorang blogger itu panggilan hati #eaa.
3.      Ikuti komunitas blogger.
Saat ini tuh komunitas blogger udah menjamur. Tinggal kamu pilih mau ikut yang mana. Kalau ngikutin semuanya juga nggak papa. Lumayan nambah teman kan? Kalau udah ikut, jangan lupa aktif disana. Percaya deh, banyak banget hal yang kamu dapatkan disana nantinya.
4.      Blognya simpel aja.
Kalau menurut aku yang bukan siapa-siapa ini, blog itu harus simpel aja. Jangan terlalu banyak hiasan atau yang mouse terbang-terbang ngeblink gitu. Jujur saja itu agak geganggu kalau ada yang keblog kamu. Selain itu, tampilan yang berlebih bikin blog kamu susah loadingnya. Kalau udah susah loadingnya, pasti langsung di close tab deh sama yang pengen mampir diblog kamu.
5.      Nikmati aja! ;)
Kalau ngeblog itu ya dinikmati aja biar apa yang kamu post kerasa feelnya. Jangan tergesa-gesa pengen terkenal atau pengen dapet job dari blog, lalui aja prosesnya dan yang pasti jangan sampai mundur! Nikmati tiap proses. Ingat, setiap orang ada masanya, tiap masa ada orangnya ;)

Itu beberapa tips ngeblog dari aku. masih nggak mau ngeblog? Rugi lho! See at the top! ;))
Senin, 8 juni 2015. 11.45 WIB.

Baca Artikel Populer Lainnya

18 komentar:

  1. Keren kak. Iya aku juga kadang suka ditanyain tentang blog. Bahkan terkadang sering kayak ngebully gitu. Mereka belum tahu aja gimana nikmatnya ngeblog. Aku sih cuek aja malahan aku berharap supaya mereka mau ikutan ngeblog.

    BalasHapus
  2. Wah blognya Muthi ulang tahun nih. Harus ada peningkatan dong tentunya dari kualitas blognya. Ya kan ya kan? Semoga lebih baik ya. Mau kasih saran nih buat blog kamu, tapi disampaikan lewat Twitter aja ya. Sip!
    Keep blogging!

    BalasHapus
  3. Tips yang bagus, terima kasih. "Nggak usah mikirin ada yang baca atau nggak." Terdengar mudah, tapi bagi saya proses menjalankannya cukup berat..

    BalasHapus
  4. Yuhuuu keren kak. Menginspirasi banget. saya akan mencoba mengurus blog dengan baik ..haha

    BalasHapus
  5. wah iya juga yaa, yang penting nulis, nulis, nulis..
    saya harus mulai terus update nih

    salam kenal yaa, baru pertama kesini :)

    BalasHapus
  6. iya benerr blognya simpel aja jangan segala ada dan segala nempel deh bikin berat buat yang buka blog akhirakhirnya di close lantaran loading nya lama :D

    BalasHapus
  7. Paling suka yang ini "Nggak usah mikirin ada yang baca atau nggak". Sama kaya saya, paling nggak yang baca diri sendiri...:-)

    BalasHapus
  8. Wah, kontennya bagus. Semua tips menurut saya emang dasar dari alasan ngeblog. Dulu, gue juga ngeblog karna pengen dapet hasil dari ngeblog, tapi sekarang gue lebih milih menulis cerita dengan enjoy~

    BalasHapus
  9. Jangan pikirkan mau ada yang liat blog kita dan baca blog kita, yang penting kita niat dan semangat dulu nulisnya. Insyallah kalo kita disiplin nulis, nanti bakalan ada kok orang yang mampir ke blog kita..

    Satu lagi, jangan lupa masuk ke komunitas blogger! ^^

    BalasHapus
  10. Aku kaget pas bacanya kok tiba-tiba udah UAS aja, eh ternyata udah kuliah.. pantes beda.

    Setuju kalau kita tumbuh dan berkembang bersama blog, kemarin aja edit tulisan lama terus dibaca ulang rasanya pingin jedotin pala ke tembok. Tulisannya alay banget. Sekarang masih sih tapi udah berkurang. Lewat blog kita bisa belajar dan menambah wawasan melalui blogwalking ke blognya orang lain. Banyak lah manfaat yang bisa diddapat lewat blog.

    Eh itu yang menang jalan-jalan enak banget tuh.

    BalasHapus
  11. Yessss, he em banget. Ngeblog itu banyak untungnya dan mengenalkan kita sama hal hal baru yang asik.

    BalasHapus
  12. Iya, blog memberikan keuntungan tersendiri, kita jadi lebih ingin banyak tahu dan lebih banyak belajar, blog juga menjadi arsip yang menyimpan semua karya yang kita buat, daripada idenya hanya tersimpan dalam kepala, lebih nulis dan disimpam dalam blog.

    Tipsnya bagus nih buat newbie, kebetulan saya juga belum terlalu berpengalaman soal blog, he..he...

    BalasHapus
  13. entah kenapa, aku ngerasa temenmu itu kayaknya orang medan.

    saya sih udah lumayan sering ikutan giveaway gitu. tapi masih belumberuntung,.
    soal tipsnya oke juga tuh.
    yang utama sih tetap nulis, nggak peduli dibaca atau nggak. yang penting semua ekspresi itu tertuang dalam tulisan dalamblog

    BalasHapus
  14. sepakat, blog jadi salah satu tempat yang nyaman buat relaksasi, nggak perlu takut berekspresi sepenuh hati hehe

    BalasHapus
  15. Ehm.... Jadi malu Pangeran muth. Namanya masuk di salah satu orang hebat yang dirimu banggakan. Makasih ya, udah mampir si tulisan wortel....

    Sebelumnya gue mau bilang Selamat ulang tahun buat proses panjang ngeblognya, semoga kedepannya bisa ngasi trus tulisan yang berkualitas. Oke...

    Dari tips dan alasannya Pangeran setuju semua. Blog emang cumab sekedar bacaan panjang buat pembaca. Tapi, kisah panjang yg berharga buat penulis blognya sendiri.... Semangat terus mut...

    Semoga kit bisa berjumpa ya... Untuk membahas blog.. Hehehe

    BalasHapus
  16. Thank you sharingnyaaa mbaaak. Intinyaa keep writing mba yaa dan keep sharing kebermanfaatan melalui tulisan :D

    BalasHapus
  17. Kalau saya ngeblog mah cendrung ke point 1 mb' >> Nggak usah mikirin ada yang baca atau nggak. ada g ada trafik buat saya ngeblog jalan terus.

    BalasHapus
  18. ngga usah mikirin ada yang baca apa nggak...hhehe. Ini yang kadang masih bikin kepikiran :)

    BalasHapus