Tentang mimpi

21.58 muthihaura 13 Comments



Haay guys! Assalamua’laikum. Gimana kabarnya? Always sehat kan yah? Amin. Kuliah udah mulai aktif. Tugas-tugas udah mulai numpuk. Kembali kedunia perkuliahan dan kayanya aku masih terlena efek-efek liburan selama dua bulanan kemaren yang mengakibatkan aku rada malas. Emang dasarnya pemalas sih sebenarnya.

Hari ini Cuma satu mata kuliah. Nyampe rumah aku nonton youtube dan buka channel kick andy. Banyak episode kick andy yang aku tonton dan sumpah orang-orang yang diundang di acara kick andy itu adalah orang-orang yang luar biasa. Orang-orang hebat yang mampu melawan keterbatasannya untuk menggapai apa yang ia impikan. Melawan berbagai hambatan untuk membuktikan bahwa mereka itu bukan ‘nothing’. Mereka infirasi bagi lingkungannya.


Episode pertama yang aku tonton itu tentang semangat anak-anak Indonesia dalam mencapai impiannya. Dalam mencapai pendidikan yang tinggi karna mereka sadar bahwa pendidikan itu dimasyarakat kita sekarang adalah sebuah tolak ukur. Siapa dididik apa, akan menentukan kursi masa depannya. Memang sih pendidikan bukan salah satu faktor menggapai kesuksesan, tapi percayalah dizaman sekarang orang lebih menghargai manusia yang bergelar.

Di episode pertama yang aku tonton ini menampilkan empat orang anak-anak Indonesia yang luar biasa dalam menempuh pendidikannya. Ada yang harus ngelewati 20 meter perjalanan untuk sampai kesekolahnya, ada yang tamat SD jadi pembantu rumah tangga untuk mengumpulkan receh demi receh uang masuk SMP, dan banyak lagi cerita yang mereka tuturkan. Kendala pertama ya tentu saja kemiskinan.

Berkaca dari episode ini bikin aku nyesek. Asli nyesek! Mereka berkorban demi pendidikan mereka. Bekerja sambil kuliah/sekolah. Menempuh jarak yang jauh untuk sampai kesekolah dengan berjalan kaki. Sedangkan aku? Jalan kaki sedikit itu aja ngerengek, padahal nyampe rumah juga bisa langsung istirahat. Minta dibeliin motorlah, padahal prestasi juga belum ada. Ah ternyata aku masih terlalu manja! Jangan ngelihat keatas Muth. Kalau jalan ngelihat keatas, nanti jatuh -_- Iya, maaf Ya Allah. Ajarkan Masha aku untuk pandai bersyukur.

Ada salah satu cewek dari episode ini yang aku suka. Dia hebat menurut aku. Namanya Misyatun. Ayahnya kena struk saat ia kecil dan ibunya yang harus jadi tulang punggung keluarga. Tamat SD karna nggak punya biaya, ia jadi pembantu rumah tangga. Setelah uang terkumpul ia kembali memasuki jenjang SMP. Sejak SMP ini ia sering menjuarai Festival Film Pendek, baik sebagai sutradara terbaik, penulis script terbaik, dan film terbaik. Hebat kan? Ah, aku yang anak broadcast yang notabene berkecimpung didunia perfileman aja belum punya karya. Padahal media ada. Target aku dalam watu dekat ini minta kejelasan sama Arifin masalah pembuatan film kami. Aku nggak mau banyak-banyak omong kosong alias omdo doang. Pengen juga jadi sutradara atau penulis script.

Episode kedua yang aku tonton itu tentang pemuda-pemuda luar biasa yang sukses membangun bisnis sejak duduk dibangku perkuliahan. Produk-produk yang mereka buat itu unik-unik bahkan udah merambah keluar negri. Keren kan? Anak muda yang kaya karna keturunan itu udah biasa, tapi anak muda yang kaya karna usahanya sendiri itu baru luar biasa. Setuju? (y)

“Karna muda, bukan berarti takut. Tapi bagi kami menjadi pemuda adalah tantangan untuk berkarya dan berkreasi dalam kolaborasi untuk menginspirasi sesama.” (cueva) Setuju banget deh dengan kata-katanya! Yang lebih bikin aku takjub ada seorang cewek bernama Dea yang sekarang umurnya baru 20 tahun udah menghasilkan omzet jutaan rupiah perbulan dari gerai batiknya. Dea ini menamatkan S1 diumur 18 tahun. Luar biasa bukan? Umurmu berapa Muth? Sembilan belas! Udah ngelakuin apa? -__- stuck ditempat baru!

Salut deh sama mereka. Diusia muda udah bisa berfikir maju kedepan. Mau kehilangan waktu bermainnya untuk membangun bisnis. Memang pada dasarnya bisnis yang dibangun sedini mungkin akan lebih berpeluang untuk berkembang pesat.

Episode yang ketiga yang aku tonton itu tentang bully. Disini menampilkan empat narasumber dengan cerita masing-masing yang mereka mampu bangkit ditengah keterpurukan mereka. Mereka bangkit dan sekarang menjadi orang-orang hebat yang mampu membungkam mulut-mulut orang yang pernah mencemeehnya.

Ah, lagi-lagi tentang bully. Aku juga pernah ngerasainnya. Nanti setelah draft novel yang judulnya ‘tentang mimpi’ ini tamat dan dikirim kepenerbit, aku pengen buat novel atau buku tentang bully. Doain deh ya!

Banyak orang-orang yang jatuh karna bully, bahkan menghancurkan masa depannya sendiri dengan melakukan bunuh diri. Ngenas bukan? Tapi ada juga orang yang bangkit karna bully-ian itu. Mereka bangkit untuk membuktikan kepada orang-orang yang mandang mereka sebelah mata bahwa mereka adalah orang-orang yang tidak pantas untuk diremehkan.

Kebanyakan orang yang sukses didunia ini adalah orang yang dulunya tidak berada dalam lingkungan yang ‘biasa-biasa’ aja, justru mereka dibentuk dari banyaknya masalah dalam hidup mereka, termasuk dipandang remeh atau sebelah mata. Rasulullah pun nggak lepas dari bully-an kan, bahkan tidak hanya berbentuk verbal tapi juga fisik.

Justru kalau kamu di bully, buat cetak biru dikening kamu. Ingat-ingat semua perkataan mereka dan jadikan itu sebagai motivasi untuk kamu jadi jauh lebih baik dari meraka. Buktikan, bukan malah ngedown yang berkepanjangan. Bungkam mulut mereka dengan semua prestasi kamu. Dan setelah kamu sukses nanti, kamu bisa bilang dihadapan mereka : “This is me. Orang yang dulu pernah kalian remehkan dan kalian abaikan dalam hidup kalian.”

Kamu boleh menjatuhkan aku, tapi berapa kalipun kamu mencoba menjatuhkan aku, aku akan bangkit lagi dan menunjukkan power lebih hebat. Kamu kamu, aku ya aku! seberapa besar pun omongan kamu, nggak akan berpengaruh dalam hidup aku. Aku aktor dari drama hidupku sendiri.

Apapun yang mereka bilang, tekadku tak akan hilang. Jalanku masih panjang. Garis akhir yang ku pandang! (Saikoji)

Dan masih banyak episode kick andy lainnya yang aku tonton yang pastinya menginsfirasi. Inti dari entry ini adalah jika kamu punya mimpi kejar! Seberapapun hambatannya, seberapa miskin pun kamu, seberapa nggak diterimanya kamu dalam lingkungan, seberapa nggak sempurnanya fisik kamu, tetap berjuang untuk mengejar semua impian itu! Bermimpilah yang tinggi dan targetnya harus melampui mimpi tersebut. ;)

Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia. Berlarilah tanpa lelah. Sampai engkau meraihnya! Kalau kamu nggak bisa belari dalam mengejar impian itu, kamu masih bisa berjalankan? Kalau nggak bisa berjalan, masih bisa merangkak kan? Kalau nggak bisa merangkak, masih bisa ngesot kan? Selalu ada jalan buat mereka yang mau berusaha.

Yuk bareng-bareng ngejar mimpi. semangat guys! Salam unyu, @muthiiihauraa
Senin, 22 September 2014. 21.45 WIB.

Baca Artikel Populer Lainnya

13 komentar:

  1. Biasanya kalo banyak tekanan malah makin berkembang hidupnya, mba. Mungkin karena mau ga mau harus bergerak.

    BalasHapus
  2. betul-betul menginspirasi , baca tulisan kakak , kya baca buku ridwan raharjo . penulis yang sering memotivasi orang . keren kak

    BalasHapus
  3. Gue juga suke nonton kick andy. Setiap episodenya pasti bikin gue jadi berfikir, "kok bisa ya orang itu begitu?". Gue selalu berfikiran kayak gitu. Anak UIN juga kan?

    BalasHapus
  4. Ayo kita bermimpi setinggi-tingginya..
    Actions without dream is nothing, dreams without action is stupid.
    Ayo bermimpi dan bergerak! :)

    BalasHapus
  5. iya selalu banyak hikmah menarik yg dapat kita ambil dari film Kikc Andy, tapi gue sih kalo nontonnya paling di tivi, kalo mau diyutube nggak ada koneksi, haha

    BalasHapus
  6. Tidak ada mimpi yang terlalu besar! Mari kita mewujudkan mimpi-mimpi kita! :D

    BalasHapus
  7. semangat. mari kita ngejar mimpi bersama dengan usaha dan doaaaaaaa. aah semoga kita bersua dan bertukar cerita, barangkali bisa membuat film bersama pula;3

    BalasHapus
  8. Acara kick andy emang menginspirasi banget, selalu penasaran dengan bintang tamu setiap minggunya. Gue kalo nonton kick andy seperti ditampar berkali-kali, lihat orang2 yang terus berjuang dalam hidupnya, lah gue cuma gini2 aja. :(

    BalasHapus
  9. Seperti sistem Input,Proses,Output. bagaimana pun input yang masuk kalau di "proses" dengan baik maka menghasilkan output yang baik pulak.. bagitu juga orang yang "Kurang" kalau dia memproses dengan baik pasti bisa menjadi lebih baik.

    BalasHapus
  10. gue dulu gara2 liat kick andy yang bagian wirausaha muda itu, gue jadi buka kafe di surabaya. dan skg kafe gue bangkrut dan gue kerja di perusahaan lagi. haha

    BalasHapus
  11. Nonton acara semacam kick andy itu emang perlu, aku juga kadang kadang suka nonton. daripada nonton sinetron semacam ggs.

    Sesekali kita emang harus berkaca, kepada mereka yang di bawah kita terutama. Yah setidaknya kita memang harus tahu betapa hal yang sudah kita dapatkan jauh lebih baik. Namun malah membuat kita terlena dan lupa mengucap syukur. Adanya kurang aja

    BalasHapus
  12. Yampun kak muth, nilam waktu itu udah ngetik komen kook :O rapi nggak ada ternyata >< maaf ya kak yaa (/.\) nilam nggak tau :(

    Nilam juga suka nonton kick andy :D tapi biasanya nonton pas jam tayangnya. Kalau nggak yang Jumat yaa, yang Minggu ^^
    SubhanAllah banget yaa, emang, tamu-tamunya :( bikin sering pingin ngaca (/.\)
    Yang siapa tuh, tadi, Musyiah *scrolling* eh, Misyatun xD dia kece bingit .-. Tegar dan mandiri..
    Yang lain juga inspiring..
    Duh, semoga suatu saat nanti kita bisa dilihat seperti kita melihat mereka, ya, kak :')

    BalasHapus
  13. Pas banget mbak.. Saya baca postingan ini sambil dengerin lagunya Nidji- Laskar Pelangi..
    *jadi menghayati.. ehhehe

    saya suka streaming acaranya Kick Andy, menginspirasi banget.
    kadang suka ikutan kuisnya di twitter juga, tp malah gak pernah menang. *gagal fokus.

    BalasHapus